0

Review Fungsi Manajemen

Posted by RNR on 23.34
Fungsi Manajemen Menurut George Robeth Terry
Menurut G. R. Terry terdapat 4 fungsi manajemen yang biasa disingkat P O A C (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).
1.      Planning (Perencanaan)
Perencanaan diartikan sebagai dasar pemikiran dari tujuan dan penyusunan langkah-langkah yang akan dipakai untuk mencapai tujuan. Perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan, apa yang harus dicapai, bila hal itu dicapai, dimana hal itu harus dicapai, bagaimana hal itu harus dicapai, siapa yang bertanggung jawab dan penetapan mengapa hal itu harus dicapai.
2.      Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian diartikan sebagai kegiatan pembagian tugas-tugas pada orang yang terlibat dalam aktivitas organisasi, sesuai dengan kompetensi SDM yang dimiliki.
3.      Actuating (Menggerakkan)
Menggerakkan berarti merangsang anggota-anggota kelompok melaksanakan tugas-tugas dengan antusias dan kemauan yang baik. Actuating disebut juga “gerakan aksi” mencakup kegiatan yang dilakukan seorang manager untuk mengawali dan melanjutkan kegiatan yang ditetapkan oleh unsur-unsur perencanaan dan pengorganisasian agar tujuan-tujuan dapat tercapai. Actuating merupakan fungsi manajemen yang paling utama.
4.      Controlling (Pengendalian)
Pengendalian atau pengawasan adalah suatu kegiatan untuk memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan, dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan sesuai target atau tujuan tertentu.
Kekurangan dan kelebihan dalam materi fungsi manajemen menurut G. R. Terry:
Kelebihan : Perencanaan bukan hanya suatu strategi untuk mencapai suatu tujuan, namun suatu rencana kerja yang membutuhkan pemikiran yang tepat, imajinasi, kretivitas, dan kesanggupan memperkirakan kejadian masa depan. Selain itu disebutkan pula tindakan-tindakan yang dapat dilakukan apabila terjadi masalah dikedepannya. Perencanaan program kerja berdasarkan fakta dan keterangan yang konkret.
Kekurangan : Tidak mengemukakan prioritas guna mencapai tujuan utama. Tidak disebutkan pula sistem yang mengatur anggaran yang direncanakan dalam menjalankan kegiatan kedepannya sehingga tidak memiliki standar ketercapaian kegiatan untuk mencapai tujuan.

Fungsi manajemen menurut James A. F. Stoner
Fungsi manajemen menurut James A. F. Stoner adalah:
1.      Planning
Perencanaan adalah merupakan pekerjaan setiap pemimpin, sebelum dapat mengorganisasi, memimpin atau mengendalikan mereka harus membuat rencana yang memberikan maksud dan arah kepada organisasi dengan memutuskan apa yang harus dilakukan kapan dan bagaiman itu harus dilakukan dan siapa yang harus melakukannya.
2.      Organizing
Kegiatan dalam fungsi pengorganisasian seperti pengalokasian sumber daya, menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan, menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab, dan kegiatan penempatan SDM pada posisi yang tepat.
3.      Leading
Kepemimpinan manajerial didefinisikan sebagai suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan tugasnya. Ada tiga implikasi penting dari definisi tersebut: kepemimpinan menyangkut orang lain (bawahan atau pengikut); kepemimpinan menyangkut suatu pembagian kekuasaan; selain dapat memberikan pengarahan pemimpin dapat mempergunakan pengaruh.
4.      Controlling
Pengendalian (controlling) berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah tujuan. Apabila salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang salah, para manajer berusaha untuk mencari sebabnya dan kemudian mengarahkannya kembali ke tujuan yang benar.
Kekurangan dan kelebihan dalam materi fungsi manajemen menurut James A. F. Stoner:
Kekurangan: Dalam penjabarannya tidak disebutkan prioritas guna mencapai tujuan utama. Tidak disebutkan pula sistem yang mengatur anggaran yang direncanakan dalam menjalankan kegiatan kedepannya sehingga tidak memiliki standar ketercapaian kegiatan untuk mencapai tujuan. Dan tidak dicantumkan spesifik perencanaan dalam menghadapi kendala yang ada kedepannya.
Kelebihan: Perencanaan ditetapkan berdasarkan logika dan persiapan yang matang. Perencanaan strategi dalam mencapai tujuan berdasarkan pemikiran yang rasional, tidak dibuat berdasarkan angan-angan ataupun khayalan, sehingga rencana kerja tersebut dapat terlaksana dengan baik.
Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol
Menurut Henry Fayol, fungsi manajemen adalah sebagai berikut:
1.      Planning
Planning adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Fungsi perencanaan ini dilakukan untuk menentukan tujuan organisasi secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.
2.      Organizing
Pengorganisasian merupakan fungsi di mana sinkronisasi dan kombinasi sumber daya manusia, sumber daya fisik, dan sumber daya modal atau keuangan digabungkan menjadi satu, untuk mencapai tujuan dari organisasi atau kelompok.
3.      Commanding
Commanding adalah bagaimana seorang manajer memerintah bawahan-bawahannya agar dapat mencapai tujuan organisasi.
4.      Coordinating
Coordinating adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatupadukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi.
5.      Controlling
Controlling atau pengendalian atau pengawasan adalah suatu kegiatan untuk memantau, membuktikan, dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan, dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan sesuai target atau tujuan tertentu.

Kekurangan dan kelebihan dalam materi fungsi manajemen menurut Henry Fayol:
Kekurangan: Tidak mencantumkan spesifik penanganan kendala yang akan dihadapi dalam pelaksanaan rencana tersebut. Tidak diebutkan pula bentuk pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Kelebihan: Terdapat standar untuk mencapai tujuan, ditetapkan pula prioritas tujuan dan pembuatan strategi kebijaksanaan dalam menjalankan program yang lebih spesifik dan mendalam.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Kiky's Blog All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.